Sabtu, 10 April 2010

Uninstalling Android Applications

Lagi iseng mencoba membuat aplikasi android sambil mencoba menjalankan contoh aplikasi tak terasa daftar aplikasi jadi banyak. Kalau dari eclipse aplikasi yang sedang dibuat akan dimasukkan ke dalam filesystem emulator sehingga dapat diakses dari emulator. Lalu bagaimana menghapus aplikasi dari emulator android?

Coba browsing di milis android developers, akhirnya ketemu juga. Aplikasi yang kita buat disimpan dalam folder /data/app, /data/data, dan entri di dalam file /data/system/packages.xml. Beberapa menyarankan untuk sekedar menghapus file .apk aplikasi kita dan folder nama paket yang bersesuaian di /data/data. Saran lainnya adalah menghapus semua aplikasi yang dibuat oleh user (bukan bawaan dari emulator). Cara pertama, panggil emulator dari command line dengan perintah berikut :

> emulator -wipe-data

Perintah di atas akan menghapus semua aplikasi yang dibuat oleh user. cara lainnya adalah menghapus secara manual yaitu mengakses shell. Pertama, pastikan emulator sedang berjalan, lalu ketikkan perintah berikut pada command line.

> adb shell

Akan muncul prompt shell seperti berikut :

shell android

Gunakan perintah

# wipe data

Untuk keluar dari shell gunakan perintah

# exit

Restart emulator untuk melihat perubahan. Lihat pada daftar aplikasi.

Tidak ada komentar: