Minggu, 18 April 2010

Mengapa Page Rank Naik Turun

Tips Belajar Komputer dan Internet, pada masalah pagerank naik turun. Hari ini saya mendapat kabar dari om Google yang seharusnya saya syukuri, pagerank agussale.com naik dai 1 menjadi PR 2. Senang? Biasa saja karena sebetulnya pada tahun 2009 saya pernah memperoleh PR 2 ini tetapi akhirnya dibanting ke PR 0 lalu naik 1 dan hari ini 4 April 2010 naik lagi jadi PR 2. Apa sebetulnya rahasia dibalik naik turunnya PR?

Bagi saya pribadi PR masih lumayan belum jelas karena memang saya tidak begitu gencar belajar tentang PR. Saya lebih senang dengan artikel komputer ketimbang pusing dengan naik turunnya PR. Blog ini murni murni untuk pengetahuan, bukan untuk bisnis cari duit jadi masalah PR tidak begitu urgen. Satu yang pasti adalah bahwa PR itu ditentukan oleh link internal yang berkualitas, link dari luar yang berkualitas ke halaman tertentu dan ternyata om Google tidak suka jualan link. Kalau poin satu dan tiga mungkin tidak masalah pada blog ini tetapi poin dua (link eksternal) sangat minus untuk blog ini. Mulai 2010 saya “mogok” blogwalking karena kesibukan sehari-hari. Praktis tiap dua hari saya hanya menulis artikel, kalau ada sisa waktu saya lebih tertarik pada SEO on page.

Bagaimanapun juga optimasi on page saya yakini sangat jitu. Buktinya tanpa blogwalking visitor blog ini antara 200-250 / hari (kecuali hari raya dan hari minggu) biasanya tidak sampai 200. Kalau saya blogwalking pastilah akan lebih banyak lagi. Saya jauh lebih gembira jika dalam satu hari pageviews bisa mencapai 3 keatas artinya semua pengunjung rata-rata membuka 3 halaman blog. Ini tidak mudah, hanya blog berkualitas yang bisa mencapai angka 3 keatas. Sejak online rata-rata hanya 2,4-2,7 pageviews per-hari. Bahkan blog dengan pengunjung 3000 /hari belum tentu mencapai angka 3, artinya banyak pengunjung tetapi tidak tertarik untuk membuka beberapa halaman.

Kalau link eksternal minus, koq bisa dapat PR 2 ? ya saya juga kurang paham tetapi mungkin link internal adalah jawabannya. Untuk link internal saya menggunakan link post to post dan SEO SmartLink yang menghubungkan artikel dalam kategori yang sama. Hal lain mungkin ini bisa dijawab oleh tema-teman yang ber-PR3 keatas. Tapi bagaimanapun juga terima kasih untuk om Google yang telah meberi saya hadiah PR2 ini.

Selain rasa senang pagerank naik, hal lain yang masih saya kejar adalah mencapai copy 30.000 kata per-hari artinya pengunjung dalam satu hari meng-copy 30.000 kata dari blog ini. Mengapa ini penting? Sesuai misi blog saya, sharing pengetahuan tanpa bisnis. Jadi semakin banyak yang meng-copy artikel dari blog ini semakin senanglah saya. Itulah bedanya dengan blog lain yang malahan memprotek agar tidak bisa mengcopy, bahkan tidak bisa klik kanan dan itu saya sangat hargai karena masalah keaslian karya mereka. Setiap hari pengunjung agussale.com hanya mengcopy antara 15.000-24.500 kata dari blog ini. Berarti harapan saya belum tercapai.

Tidak ada komentar: