Minggu, 18 April 2010

Perang Web Browser

Browser Internet adalah jendela Anda ke dunia maya yaitu web, di mana Anda dapat menemukan hampir apa pun dari kenyamanan seperti di ruang keluarga anda sendiri. Abad ini, internet banyak digunakan untuk media, riset, komunikasi, perbelanjaan dan hiburan. Semakin baik browser Anda, semakin Anda akan melihat banyak hal dan dan berpengalaman. Lalu apa kriteria browser yang baik? Berikut adalah kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi dan menentukan pilihan Internet browser;

Fitur Set
Peringkat browser internet yang baik adalah praktis dan menawarkan banyak fitur yang membuat anda menjelajahi web lebih cepat, lebih mudah dan lebih nyaman. Beberapa fitur ini tab browsing, image thumbnail preview dan mesin pencari yang terintegrasi.

Kemudahan Penggunaan
Internet browser harus mudah digunakan sehingga siapa pun, terlepas dari pengetahuan mereka tentang komputer atau Internet, akan merasa nyaman menggunakan web.

Keamanan web browser
Keamanan adalah salah satu aspek yang paling penting dari browsing web. Internet browser harus melindungi terhadap pop-up, virus dan phising penipuan dan memungkinkan Anda untuk menghapus informasi pribadi sehingga Anda dapat merasa percaya diri saat online.

Speed & Kompatibilitas
Browser Internet Anda akan membantu Anda surfing cepat dan efisien. Mengapa? karena tidak semua browser diciptakan sama dalam hal seberapa cepat mereka startup, proses HTML dan JavaScript. Demikian pula, tidak semua browser internet akan membuka semua halaman dengan benar. Browser terbaik akan membuka website dengan cepat dan benar.

Bantuan / Support
Meskipun kebanyakan browser versi free, kualitas dukungan pelanggan harus ada dan membantu jika anda mendapatkan masalah. Pengembang harus memberikan dukungan melalui email, telepon, FAQ, manual dan tutorial. Nah kalau itu kriterianya lalu mana yang terbai?
Ada perang sengit yang terus berlanjut bahkan mungkin “perang dunia” yaitu dalam hal kecepatan web browser. Perusahaah pembuat web browser bersaing di banyak bidang; keamanan, standar layanan konsumen, fitur dan kecepatan. Kebanyakan orang sadar semua browser utama gagal pada tiga ini, tapi ada salah satu dari sisa kegagalan itu yang masih terbuka untuk diperebutkan, yaitu kecepatan. Keamanan boleh kalah, tapi kecepatan …. tunggu dulu!!!

Banyak organisasi dan pengguna mencoba untuk mengklaim bahwa browser mereka adalah tercepat. Situs Opera mengklaim bahwa Opera adalah “The Fastest Browser on Earth!”. Situs Mozilla mengklaim bahwa “Firefox memberdayakan Anda untuk browsing lebih cepat” (lebih cepat daripada apa?). Mozilla sendiri disebut-sebut sebagai “sebuah alternatif untuk Microsoft IE dan diakui lebih cepat untuk boot awal”. Apple mengklaim bahwa “load halaman Safari lebih cepat daripada browser Mac lainnya” (meskipun mereka gagal untuk menunjukkan hasil apapun bagi Opera, dan mereka gagal menunjukkan grafik hasil halaman yang berisi gambar). Pengguna Internet Explorer sering mengklaim bahwa mereka menggunakannya karena kecepatannya, sebagai alternatif yang memakan waktu lebih lama untuk memulai dan memuat halaman.

Pengguna Opera dan Firefox cukup vokal pada subjek, tetapi tidak satupun dari mereka bisa benar-benar menunjukkan penelitian untuk mendukung pernyataan mereka, tapi cuma bilang “X membutuhkan waktu lebih lama daripada Y untuk memulai” atau “teman saya menggunakan X dan itu jauh lebih lambat di komputer daripada Y yang saya gunakan “. Mereka yang tidak mencoba lebih dari satu biasanya mengucapkan “X hanya merasa lebih cepat dibandingkan Y ketika aku mencoba mereka” (walaupun hal ini dapat merujuk kepada keakraban dengan antarmuka individu pengguna – sesuatu yang saya tidak setujui). Nah mana yang terbaik? Hehehehe anda harus praktekkan sendiri.

Tidak ada komentar: