Kamis, 17 November 2011

ISD SEBAGAI DSALAH SATU MKDU


KEMANA RASA KESOPANAN DAN ETIKA DI DALAM MAHASISWA / ANAK MUDA SEKRANG


Kesopanan dan etika bagi mahasiswa dapat menjadi alat kontrol di dalammelakukan suatu tindakan. kesopanan dan etika dapat menjdi gambaran bagi mahasiswa dalam mengmbil suatu keputuan atau dalam melakukan sesutu yang baik atau yang buruk  oleh karena itu , makna kesopanan dan etika harus lebih di pahami kembali dan di aplikasikan di dalam bersosialisai lingkungan mahasiswa. Yang relitanya lebih bnyak mahasiwa yang tidak sadar dan tidak mengetahui makna kesopanan dan etika dan peranan etika itu sendiri. Tak heranlah bermunculan mahasiswa dan mahasiswi akhlak yang baik. Seperti mahasiswa yang tidak memiliki sopan dan santun kepada para dosen pada orang tua sendiri pada orang yang lebih tua dari mahasiswa itu sendiri , bahkan tata bahasa mereka yang dia gunakan sehari-haripun sudah sangat mengkawatirkan. Mahasiswa yang lebih menyukai hidup bebas, mengkonsumsi obata-tanterlarang dan ergaulan bebas antara mahasiswa dengan mahasiswi itu sendiri. Berdemonstrasi tidak mengikuti peaturan yang berlaku bahkan hal yang terkecil seperti menyontek saat ujian dianggapa hal yang biasa, padahal menyontek merupakan salah satu hal tidak mengindahkan makna dari kesopanan dan etika . sopan santun merupakan sebuah cirikhas bangsa kita bangsa Indonesia, sebuah bangsa yang selalu bersiakap rendah hati dan selalu menghormati berbagai perbedaan yang ada . maka dari itu bangsa kita menganut keanekaragaman suku,agama, rasa, budaya dan bahasa. Mahasiwa saat inipun mulai kehilangan budaya musyawaraoh untuk mufakat dn budaya keopanan . mahsiswa saat ini lebih menggunakan otot buknya otak. Akibatnya tawuran antar mahasiswa hingga demonstrasi anarkis sering terjadi . lalu masih pantaskah mahasiswa menyandang status sebagai kaum intlek yang mampu manjga kesopanan  dan masih memiliki budaya saling menghormati dan menghargai pendapat orang lain. Maka itu untuk selalu kita ingat sebagai mahasiswa bahwa kesopanan dan etika mempunyai arti yang kuat di dalam saat kita bergaul dan bersosialisasi dalam kemahasiswaan maupun lingkungan masyarakat. Untuk itu bagi calon mahsiswa  siapkan diri kalian dengan kesopanan dan etika yang baik untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri nantinya.

ISD Sebagai salah satu MKDU (KOMPONEN MATA KULIAH DASAR UMUM)

ISD adalah salah satu mata kuliah dasar umum yang merupakan matakuliah wajib yang diberikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuan diberikannya mata kuliah ini adalah semata-mata sebagai salah satu usaha yang diharapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah – masalah sosial yang terjadi dilingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar.

Tujuan ISD
1.    sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebgai anggota masyarakat dan bangsa serta agama
2.    Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yagn timbul di dalam masayrakat Indonesia
3.    Memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa agar mereka mampu berpikir secara interdisipliner, dan mampu memahami pikiran para ahli berbagai ilmu pengetahuan, sehingga dengan demikian memudahkan mereka berkomunikasi.

Tiga kelompok ilmu pengetahuan
  1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hokum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian 100 5 benar dan 100 5 salah
  2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak 100 5 benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia initidak dapat berubah dari saat ke saat.
Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

perbedaan antara ISD dan IPS
isd adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran mahaiswa dalam menghadapi lingkungan sosialna dapat ditingkatkan  sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkugnan sosialnya dapaat menjadi lebih besar.



Tidak ada komentar: